Minggu, 15 Maret 2009

Pendidikan Dasar 3

Mendiknas: Pendidikan Dasar Gratis Mulai 2009

Pemerintah kembali menjanjikan pendidikan dasar gratis. Akankan hanya sekedar janji?
Senin, 27 Oktober 2008, 18:28 WIB
Menteri Pendidikan, Bambang Sudibyo menjanjikan pendidikan dasar wajib di Indonesia tidak dipungut biaya, alias gratis, mulai tahun 2009.
”Semua sekolah, baik dibawah naungan dinas pendidikan maupun Departemen Agama tidak dipungut biaya,” katanya usai Gelar Prestasi dan Bela Negara Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se Indonesia di Sasana Budaya Ganesha, ITB, Bandung, Senin 27 Oktober 2008.
Bambang mengatakan dalam Anggaran 2009, pos bantuan operasional sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah (MI), dipastikan naik secara signifikan. Meski palu belum diketuk, katanya, Dewan sudah sepakat dengan pemerintah”Saya telah mengusulkan kenaikannya sekitar 50 persen dari tahun sebelumnya,” katanya.Bambang juga menjanjikan pada tahun 2009 kesejahteraan guru di Indonesia meningkat, ”Minimal golongan terendah gajinya Rp 2 juta,” katanya.
Janji pendidikan gratis pernah diucapkan Bambang pada awal kepemimpinannya di Departemen Pendidikan Nasional. Pada 22 Oktober 2004, Bambang mengungkapkan tiga komitmennya yakni pendidikan gratis, akses ke pendidikan tinggi, dan kesejahteraan guru.
Namun, pada peringatan Hati Pendidikan Nasional tahun 2008, Bambang mengungkapkan pendidikan gratis tidak mungkin diwujudkan dalam waktu dekat karena prosentase 20 persen anggaran pendidikan belum bisa terwujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar