Minggu, 15 Maret 2009

Pendidikan Dasar 1

kekerasan pendidikan dasar
kekerasan dalam pendidikan dasar ternyata banyak terjadi. terkadang tak pernah terungkap, karena hanya menjadi sebuah penghias ngedumel di teras sebuah rumah. mulai dari sebuah ketidakpahaman psikologi pendidikan oleh pendidik, hingga perilaku kekerasan secara fisik yang diberlakukan pada peserta didik. orangtua anak didik bahkan terkesan membiarkan proses kekerasan terus berlangsung, dan pada beberapa bagian menjadi bagian dari pelaku kekerasan.
hak anak untuk memperoleh kebebasan mengekspresikan diri dalam permainan, terkadang harus dikurung oleh sebuah mekanisme pemaksaan pengetahuan yang banyak dalam waktu sesaat. stress pada anak didik dapat terus terjadi. kalangan pendidik pun terkadang tak pernah melakukan sebuah refleksi atas sebuah proses yang tengah berlangsung.
kalangan penghasil guru sebagai tenaga pendidik pun saat ini tengah diombang-ambing oleh kepentingan uang yang mengalir. tenaga pendidik yang dihasilkan pada akhirnya hanya menjadi penerus robot intelektual yang tak memiliki nurani. bekerja, bukan mengabdi. masih banyak hal yang harus dibenahi bila negeri ini ingin lebih baik. dan itu diawal dari sebuah sistem pendidikan yang hingga saat ini masih belum mencerdaskan.
metafora pendidikan sebagai sebuah mesin tenaga kerja pun belum usah terhapuskan. kolonialisasi akan terus berlangsung, saat kecerdasan dibelenggu. tekanan psikis akan melanda generasi negeri ini. hingga satu waktu, pemberontakan pikiran akan berlangsung, dan mengubah wajah negeri menjadi sebuah pelangi di ujung karangmumus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar